Thursday, 11 October 2018

Kreasi Membuat Jadwal Pelajaran dari Kertas Bekas

Cara Membuat Kreasi Kertas Bekas untuk Jadwal Pelajaran - Menghias kelas atau membuat meja belajar cantik dan kreatif bisa dengan memanfaatkan kertas bekas. Menghias jadwal pelajaran dengan kertas bekas dan barang bekas membuat tampilan lebih menarik dan indah. Kerajinan tangan atau prakarya dari kertas bekas yang berwarna-warni ini cocok untuk dibuat Jadwal Pelajaran.
Kreasi Membuat Jadwal Pelajaran dari Kertas Bekas

Buat kalian yang tidak terlalu suka dengan jadwal yang diketik dan di print di komputer, menggunakan kertas bekas, jadwal pelajaran ini dapat menjadi alternatif desain untuk memperindah ruang kelasmu. Memang, membuat tangan kita menjadi kreatif dan terampil adalah dengan membuat secara manual beragam pernak-pernik kelas dan kamar. Ini akan mengasah daya imajinasi juga. Baca selengkapnya tutorial membuat Jadwal Pelajaran dari Kertas Bekas Warna Warni. Cara Membuat Kreasi Kertas Bekas untuk Jadwal Pelajaran

Alat dan Bahan untuk membuat Kreasi Kertas Bekas untuk Jadwal Pelajaran

Berikut ini adalah alat dan bahan yang akan kita butuhkan untuk membuat kreasi jadwal pelajaran dari kertas bekas berwarna warni:

  • Kertas bekas dengan beberapa pilihan warna. Jenis kertas bufallo atau construction paper dan kertas warna lainnya bisa kamu gunakan juga.
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Map kertas motif batik atau motif lainnya sesuai selera.
  • Spidol besar
  • Pulpen atau spidol kecil

Cara Membuat kreasi jadwal pelajaran dari kertas warna


  • Berikut adalah langkah-langkah atau cara membuat jadwal pelajaran dari kreasi kertas bekas seperti ditunjukkan gambar di atas.
  • Ambil kertas berwarna bekas. Pertama-tama yang akan kita lakukan adalah menggambar bentuk baju kaos untuk wadah menuliskan jadwal pelajaran kamu.
  • Sekarang kita akan mulai menggambarnya. Sebenarnya menggambar t-shirt untuk hal ini sangatlah mudah.
  • Buatlah sebuah gambar berbentuk persegi panjang. Tidak pakai penggaris, jadi cuma pakai kira-kira saja, dan garisnya juga tidak akan dibuat lurus agar hasilnya nanti terkesan lebih artistik. Saya membuat dengan ukuran sekitar 6 x 8 cm. Ukuran ini cukup untuk menuliskan nama mata pelajaran dan nama hari di bagian atasnya.
  • Selanjutnya, kita akan menggambar garis lengkung. Garis ini menjadi bagian leher kaos. Gambar garis lengkung ini seperti huruf U saja, tapi tidak terlalu dalam lengkungannya. Perhatikan proporsi ukurannya dengan lebar gambar persegi di bagian kanan dan kiri garis lengkung.
  • Berikutnya gambarlah lengang t-shirt. Mudah sekali, tinggal menambahkan garis ke arah bawah dan sedikit menyerong. Perhatikan proporsi ukurannya dengan ukuran badan t-shirt. Jangan ragu-ragu saat membuat garis dengan spidol agar hasilnya tampak lebih tegas dan bagus.
  • Buat lagi lengan lainnya. Caranya sama. Oh ya, tak perlu harus sama persis kemiringan lengan t-shirt-nya. Justru dengan agak miring sedikit atau sedikit melengkung garisnya akan membuat gambar t-shirt itu menjadi lebih bagus. Lihatlah, sudah jadi bukan? Kamu juga bisa kok kalau cuma menggambar t-shirt macam itu. Iya kan?
  • Sekarang guntinglah gambar t-shirt itu. Perhatikan, agar hasilnya lebih ngejreng, guntinglah pada sisi terluar garis dari spidol. Ini nanti akan memberi aksen tajam pada saat t-shirt ditempel ke kertas dasarnya
  • Kamu harus membuat 5 buah gambar t-shirt lagi. Gunakan kertas bekas berwarna lainnya supaya lebih semarak. Untuk menjaga agar ukurannya relatif sama, kamu bisa membuat persegi panjang untuk badan t-shirt dengan mengacu pada ukuran badan t-shirt yang tadi telah kamu gunting (t-shirt pertama dibuat). Beri titik-titik pada kertas yang akan digambari. Titik-titik itu mengacu pada ujung-ujung persegi (badan) dari t-shirt yang tadi digunting. Lalu, seperti cara menggambar sebelumnya, dengan berbekal persegi panjang yang ukurannya kurang lebih sama itu, kamu dapat menggambar 5 t-hirt baru. 
  • Buatlah kemiringan lengan t-shirt yang berbeda untuk membuat beragam bentuk t-shirt sehingga tidak terlalu persis satu sama lain.
  • Pada tutorial ini saya hanya menggunakan 3 macam warna kertas, yaitu kuning, biru dan hijau. Kamu tentu boleh menggunakan kertas bekas berwarna lainnya sesuai seleramu.
  • Gunting semua gambar t-shirt. Guntinglah pada sisi terluar garis spidol supaya bagus. Nih hasil yang saya dapatkan. 2 buah t-shirt kuning, 2 buah t-shirt biru muda, dan 2 buah t-shirt hijau.
  • Selanjutnya tempelkan ke-6 t-shirt itu ke kertas dasar. Saya menggunakan bekas sampul makalah yang berwarna merah agar kontras dengan semua t-shirt yang sudah saya buat. Gunakan lem kertas dan atur agar susunannya sesuai seleramu untuk membentuk sebuah jadwal pelajaran selama seminggu.
  • Selanjutnya memberi bingkai lagi jadwal pejaran itu dengan kertas yang saya dapatkan dari sebuah map bermotif batik bekas di meja kerja saya.
  • Lalu langkah terakhir adalah menuliskan jadwal pelajaran untuk setiap hari selama seminggu pada setiap t-shirt. Jangan lupa pada bagian atas dikasih judul, "Jadwal Pelajaranku".

Nah itulah Kreasi Membuat Jadwal Pelajaran dari Kertas Bekas. Kamu bisa mencoba di rumah untuk dijadikan hiasan kelas atau meja belajar agar lebih kreatif lagi membuat dekorasi jadwal pelajaran. Baca tutorial lainnya di blog kreasiana ya.


Sumber dari novehasanah

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kreasi Membuat Jadwal Pelajaran dari Kertas Bekas

0 komentar:

Post a Comment