Fungsi Envelope Tool pada CorelDRAW

Kali ini saya akan berbagi ilmu seputar software desain yang sudah sangat familiar yaitu Corel Draw. Sudah sering dengar kan sofware yang satu ini? Corel draw merupakan salah satu software desain yang paling banyak digunakan oleh desainer diseluruh dunia. Selain file yang dihasilkan lebih ringan, corel juga dikenal dengan software yang memiliki banyak tool yang memudahkan penggunanya untuk mendesain. Nah, yang akan kita bahas adalah salah satu tool yang sangat berguna yaitu fungsi envelope tool pada corel draw.
Bagi kamu yang sudah lama berkecimpung dalam dunia desain grafis, mungkin sudah cukup familiar dengan tool yang satu ini. Namun bagi para newbie mungkin merasa masih belum tahu bahkan baru dengar. Selain karena jumlah tool di corel draw sangat banyak, butuh waktu yang cukup lama juga untuk memahaminya satu persatu. Jadi kebanyakan orang memilih untuk belajar tool corel jika dibutuhkan saja.

Jadi sebenarnya apasih fungsi envelope tool?
Secara umum envelope adalah tool yang berfungsi untuk merubah objek atau tulisan menjadi curve dan dapat diubah bentuknya sesuai keinginan kita. Ternyata banyak loh kegunaan dari envelope tool ini. Diharapkan setelah kamu selesai membaca artikel berikut, kamu akan paham bagaimana fungsi dan cara penggunaanya.
Kita dapat menemukan tool ini pada toolbar di sebelah kiri lembar kerja ataupun pada menu bar effect > envelope atau bisa diaktifkan dengan cara menekan CTRL+F7 secara bersamaan.
Cara penggunaannya pun sangat mudah. Langkah-langkah dibawah ini adalah cara penggunaan envelope tool pada tulisan yang ingin dibuat bentuk tertentu. Pertama-tama buat teks dan bentuk yang diinginkan.

Setelah itu, aktifkan envelope tool pada toolbar di sebelah kiri lembar kerja.

Setelah envelope aktif, akan muncul node pada tulisan yang kamu buat. Cara mengubah bentuknya adalah dengan menarik node atau titik berwarna biru dan garis bantu menyesuaikan dengan bentuk yang diinginkan.

Dan hasilnya kira-kira akan seperti gambar dibawah ini.

Cukup mudah bukan cara penggunaannya? Yang penting adalah kita mengetahui konsep dasar seperti penggunaan curve.
Fungsi envelope tool pada corel draw juga sering diaplikasikan dalam pembuatan desain seperti desain kaos, poster, logo dan lain-lain. Gambar kaos dibawah ini adalah contoh penggunaan envelope tool pada tulisan starcross yang dibuat mengikuti bentuk segi lima yang dimodifikasi.

Nah kalau gambar yang satu ini merupakan contoh pengaplikasian envelope tool pada pembuatan header poster. Hanya saja bentuk yang diikuti adalah setengah lingkaran dan tulisan yang digunakan terdiri dari beberapa kata. Selain konsep pengubahan bentuk, konsep tipografi juga perlu diperhatikan dalam penggunaan envelope tool pada tulisan. Karena meski diubah bentuknya sedemikian rupa, tulisan harus tetap bisa terbaca dan memiliki nilai artistik tersendiri.

Jadi bagaimana nih? Sudah cukup paham tentang fungsi envelope tool pada corel draw? Mungkin kalian merasa belum terfikir untuk menggunakan tool ini, tapi mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya dan tidak usah khawatir karena kamu sudah mengetahui konsep dasarnya. Tidak ada salahnya untuk menambah ilmu kan?

Demikian artikel tentang fungsi envelope tool pada corel draw. Jangan lupa share artikel tentang fungsi envelope tool pada corel draw melalui akun sosial media kamu ya. Karena berbagi ilmu itu lebih baik daripada tidak berbagi sama sekali. Semoga bermanfaat gaess..

0 Komentar untuk "Fungsi Envelope Tool pada CorelDRAW"

Back To Top