Cara Membuat Nota Dengan CorelDRAW

Hai sobat kreasiana. Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang cara membuat nota dengan Corel Draw. Kamu tentu sudah tahu fungsi dari nota, selain sebagai bukti pembayaran, nota juga sangat penting untuk bahan pertanggungjawaban di sebuah organisasi sehingga hampir semua toko selalu menyediakan nota sendiri.
Mungkin kamu bisa membeli nota langsung di toko buku terdekat, tapi jika kamu menginginkan nota yang sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa membuatnya sendiri loh guys.

Untuk cara membuat nota sebenarnya ada banyak, kamu bisa membuat dengan Ms. Word atau Ms. Excel. Namun kali ini saya akan share cara membuat nota dengan Corel Draw. Selain simpel, pengaturannya juga lebih memudahkan kamu dalam mencetaknya.
Nota yang saya buat adalah nota dengan ukuran kertas A4 dibagi empat. Untuk lebih jelasnya yuk ikuti cara membuat nota dengan Corel Draw berikut.
Perlu diingat sob, sebelum kamu membuat nota di Corel, kamu harus membuat konsep awal di kertas sehingga saat membuka Corel kamu sudah tahu akan membuat nota dengan sesuai yang diinginkan.
CARA MEMBUAT NOTA DENGAN COREL DRAW
#LANGKAH 1
Langkah pertama adalah membuat lembar kerja dengan ukuran A4. Setelah membuka Corel, pilih menu “File-New” lalu sesuaikan dengan gambar dibawah ini.

#LANGKAH 2
Untuk memudahkan dalam membuat nota, bagi lembar kerja menjadi empat bagian. Caranya tempatkan kursor di bagian penggaris di bagian atas lembar kerja lalu drag ke bawah sampai ke bagian tengah untuk membuat garis horisontal. Buat juga garis vertikal sehingga tampilannya akan seperti ini. Pastikan grid berada pas di tengah lembar kerja baik secara horisontal maupun vertikal.

#LANGKAH 3
Langkah selanjutnya adalah  membuat tabel. Caranya pilih “Table” pada toolbar di bagian samping.

Sesuaikan jumlah baris dan kolom sesuai kebutuhan.

Kemudian drag di lembar kerja hingga muncul tabel.

#LANGKAH 4
Kita juga bisa mengatur besar kecilnya tabel, caranya tempatkan kursor pada garis tabel hingga bentuk kursor akan berubah lalu drag secukupnya


#LANGKAH 5
Setelah itu tambahkan tulisan pada tabel sesuai dengan kebutuhan.
#LANGKAH 6
Nah, untuk menggabungkan beberapa kolom, kamu bisa blok beberapa kolom yang akan digabungkan, lalu pilih menu “Combine Cells”.


#LANGKAH 7
Setelah tabel selesai dibuat, bila perlu tambahkan logo jika ada. Hal yang perlu kamu buat adalah membuat kop nota sesuai dengan konsep yang kamu inginkan. Cara menambah teks cukup menggunakan “Text Tool” pada toolbar kemudian ketik seperti nama toko/ perusahaan, alamat dan penjelasan singkat mengenai toko/ perusahaanmu.



#LANGKAH 8
Langkah selanjutnya adalah membuat kotak dengan tulisan nama dan tanggal. Untuk menambahkan kotak, kamu cukup mengunakan “Rectangle Tool” lalu buatlah kotak dengan ukuran secukupnya.

Agar ujung kotak menjadi tumpul, kamu bisa menggunakan “Shape Tool”, lalu tarik titik yang ada pada ujung kotak.


Untuk menebalkan garisnya, kamu bisa memilih tebal sesuai dengan kebutuhan.

Tambahkan tulisan nama dan tanggal dengan “Text Tool”

#LANGKAH 9
Tambahkan juga paraf dan informasi lain mengenai toko/ perusahaan seperti akun sosmed maupun nomor telepon kamu sehingga pelanggan akan mudah jika ingin menghubungimu kembali.
#LANGKAH 10
Setelah jadi, grup semua objek dengan menyeleksinya kemudian klik kanan-Group (CTRL+G).
Copy semua object menjadi 4 bagian dan atur seperti gambar dibawah ini.

Dan nota pun siap untuk dicetak. Mudah bukan? Selain hemat, kamu juga bisa membuat nota sesuai dengan keinginanmu.

Demikian artikel tentang cara membuat nota dengan Corel Draw. Jangan lupa share artikel tentang cara membuat nota dengan Corel Draw diatas melalui akun sosial media kamu ya sob. Semoga bermanfaat

0 Komentar untuk "Cara Membuat Nota Dengan CorelDRAW"

Back To Top