Cara Membuat Denah Lokasi Dengan Corel DRAW

Pada kesempatan kali ini saya akan share masih seputar dunia desain, yaitu cara membuat denah lokasi dengan corel draw. Sudah sering melihat denah lokasi bukan? Biasanya denah lokasi bisa kita temukan pada undangan atau reklame sebagai penunjuk jalan menuju tempat yang dituju seperti tempat seminar, rumah makan atau acara pernikahan.

Ternyata cara membuat denah lokasi sangat mudah loh gaess, yuk langsung saja ikuti cara membuat denah lokasi dengan corel draw dibawah ini. Let’s check this out!
Pertama buat lembar kerja baru pada corel draw dengan ketentuan seperti pada gambar dibawah ini.

Setelah itu, buat persegi panjang menggunakan Rectangle tool yang bisa kamu pilih pada toolbar.

Kemudian buat persegi panjang seperti gambar dibawah ini sebagai gambar jalan.

Buat sesuai dengan jalan di sekitar lokasi. Kurang lebih jika selesai hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Ada hal yang perlu diperhatikan dalam membuat jalan dari bangun persegi panjang, yaitu ketika 2 persegi panjang pertemu dan membentuk sudut siku seperti gambar dibawah, letaknya harus pas antara rata bawah dan rata kanan. Caranya cukup seleksi dua bangun dibawah dengan klik keduanya sambil menekan tombol SHIFT, lalu tekan tombol B (Bottom) untuk rata bawah dan tombol R (Right) untuk rata kanan.

Begitu juga dengan gambar dibawah harus rata atas untuk menandai pertigaan jalan. Caranya seleksi dua bangun tersebut lalu tekan tombol T (Top) untuk rata atas.

Langkah selanjutnya adalah blok semua bangun,

Pada bagian atas atau property bar, pilih WELD untuk menggabungkan semua persegi panjang menjadi satu curve.

Hasilnya akan seperti gambar dibawah

Langkah selanjutnya adalah menambahkan ikon tempat di sekitar lokasi sebagai penanda jalan. Caranya klik menu Text > Insert Character.

Selanjutnya pada bagian Docker atau sebelah kanan lembar kerja akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Ganti jenis font menjadi Webdings. Webdings ini adalah salah satu jenis font yang di dalamnya terdapat banyak ikon. Untuk memasukkannya pada lembar kerja, cukup klik 2x saja maka ikon yang kamu inginkan sudah muncul di lembar kerja.

Tambahkan ikon seperlunya saja yang bisa dijadikan patokan jalan. Jangan lupa tambahkan satu ikon (biasanya menggunakan ikon rumah) sebagai lokasi. Setelah selesai disusun hasilnya kurang lebih akan seperti ini.

Kemudian tambahkan keterangan berupa nama jalan dan tempat sebagai patokan. Pertama pilih Text tool pada tool bar.

Lalu beri keterangan seperti nama jalan, nama tempat dan lain-lain.

Susun teks sedemikian rupa hingga mudah untuk dibaca dan dipahami.


Langkah selanjutnya adalah memberi petunjuk lokasi dengan menambahkan gambar panah. Caranya klik Arrow Shapes yang ada pada tool bar.

Arahkan ke ikon rumah. Agar mencolok, perbesar ukuran anak panah.

Beri juga teks bertuliskan lokasi.


Untuk mempermudah, jangan lupa beri ikon kompas yang bisa kamu temukan pada kumpulan character. Agar garis jalan menjadi lebih tebal, klik garis jalan tersebut, lalu pada properti bar ubah ketebalan sekitar 4 pixel atau secukupnya.

Hasil akhirnya akan seperti ini sob.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Kamu tidak harus sudah memiliki skill corel yang mumpuni jika membuat denah lokasi ini, cukup ikuti totorial diatas, kurang dari 15 menit denah lokasi pun sudah jadi.

Demikian artikel tentang cara membuat denah lokasi dengan corel draw. Jangan lupa share artikel tentang cara membuat denah lokasi dengan corel draw diatas melalui akun sosial media kamu. Semoga bermanfaat..

0 Komentar untuk "Cara Membuat Denah Lokasi Dengan Corel DRAW"

Back To Top