Cara Membuat Background Foto Menjadi Blur Dengan Photoshop

Kali ini saya akan berbagi tips yang fotografi yang akan membuat foto menjadi lebih kece. Sebelumnya kamu pasti sering melihat foto dengan background yang blur baik di Instagram atau sosial media lainnya. Tentu foto foto yang memiliki background blur tersebut lebih terlihat bernilai dan bagus bukan? Foto dengan background blur sebenarnya adalah hasil dari kamera SLR dengan lensa khusus (lensa fix) yang membuat fokus objek menjadi lebih tajam, sehingga gambar yang dihasilkan menjadi sangat fokus di satu titik.

Kelebihan lensa yang satu ini adalah menghasilkan hasil foto yang lebih berseni sehingga banyak fotografer yang banyak mengandalkan lensa jenis ini dalam mengambil gambar. Sayangnya harga kamera SLR tidak murah, apalagi harga lensa fix yang cukup mahal. Tentu kita tidak mungkin mengeluarkan banyak budget hanya untuk foto dengan background blur.
Nah bagi kamu yang ingin memiliki foto dengan efek lensa fix tanpa harus membelinya, kamu bisa ikuti cara membuat background foto menjadi blur dengan Photoshop dibawah ini. Untuk tingkat kesulitannya masih tergolong mudah, jadi jangan khawatir jika kamu belum mahir menggunakan software ini, just keep trying gaess.
Yuk langsung simak saja cara membuat background foto menjadi blur dengan Photoshop dibawah ini.
Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah mempersiapkan foto yang akan dibuat efek blur. Pastikan foto yang kamu pilih kualitasnya cukup baik dan tidak pecah agar hasilnya akan maksimal. Pastikan juga PC kamu sudah terinstal software Photoshop untuk mengerjakan tutorial ini ya sob.
#LANGKAH 1
Buka software Photoshop di PC kamu (kamu bisa menggunakan Photoshop dengan tipe apa saja karena tampilannya tidak jauh berbeda). Lalu buka file foto yang akan dibuat blur backgroundnya.
#LANGKAH 2
Seleksi bagian objek orang dengan menggunakan Polygonal Lassoo Tool.

Agar lebih mudah, seleksi dulu gambar orang yang ada di dalam foto.

Setelah objek orang selesai terseleksi tampilannya akan seperti gambar dibawah ini, langkah selanjutnya adalah membuat hasil seleksi menjadi lebih halus.

Caranya klik kanan pada lembar kerja, kemudian pilih Feather. Isikan angka 2 atau secukupnya lalu OK.

Setelah hasil seleksi sudah cukup halus, langkah selanjutnya adalah  klik kanan pada lembar kerja kemudian pilih Select Inverse untuk emngubah area yang diseleksi.

Dengan begitu bagian yang terseleksi menjadi backgroundnya. 

#LANGKAH 3
Langkah selanjutnya adalah tinggal membuat background menjadi blur. Caranya klik menu Filter-Blur-Gaussian blur

lalu akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini. Sesuaikan tingkat radius secukupnya saja. Selagi mengubah ukuran radius, kamu bisa mengira-ngira tingkat blur pada preview di dialog tersebut.


#LANGKAH 4
Langkah terakhir adalah dengan diselect hasil seleksi, caranya cukup dengan tekan tombol CTRL+D lalu garis putus-putus hasil seleksi tadi sudah tidak terlihat.
Dan hasilnya kurang lebih akan menjadi seperti pada gambar dibawah ini.  Sekarang fotomu sudah memiliki efek lensa fix tanpa harus membelinya.

Bagaimana? sangat simpel bukan? Kamu bisa memiliki koleksi foto dengan efek lensa fix dengan tanganmu sendiri, selain hemat, kamu juga bisa melatih kemampuan dan menambah wawasan tentang software Photoshop. Hanya dengan sentuhan kreatif, kamu bisa menjadikan fotomu lebih estetik.

Demikian artikel tentang cara membuat background foto menjadi blur dengan Photoshop. jangan lupa share artikel cara membuat background foto menjadi blur dengan Photoshop diatas melalui akun sosial media kamu. Semoga bermanfaat..

0 Komentar untuk "Cara Membuat Background Foto Menjadi Blur Dengan Photoshop"

Back To Top