Syarat Agar Konten Artikel Baru Mudah Terindex Mesin Pencari Google

Kreasiana.com - Menulis artikel blog atau website merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para blogger termasuk untuk para penulis freelance, ada banyak sekali kendala bagi para blogger di Indonesia yang kadang merasakan kegelisahan mengenai artikel mereka yang lama dan sulit terindeks mesin pencari. Padahal artikel yang dibuat dengan susah payah banyak menyita waktu untuk proses pembuatannya sendiri, tidak heran jika banyak blogger yang vacum dalam dunia blogging karena hal yang sepele.

Syarat Agar Konten Artikel Baru Mudah Terindex Mesin Pencari Google
Syarat Agar Konten Artikel Baru Mudah Terindex

Sumber Credit : Bisnis2000.com


Khusus untuk blog yang baru dibuat memang memakan waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan blog yang sudah lama ada di mesin pencari Google, tingkat kecepatan indeksnya jauh lebih mudah, Tapi tidak usah khawatir dengan hal tersebut, disini saya akan membantu kamu yang masih pemula di dunia blogging, mengenai syarat agar konten artikel baru mudah terindeks mesin pencari seperti Google, yahoo atau Bing. Berikut penjelasannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya konten artikel terindeks mesin pencari

a) Faktor Judul Artikel

Yang pertama adalah mengenai faktor pembuatan judul artikel, kebanyakan blogger-blogger pemula atau yang masih awam selalu menggunakan judul artikel yang musiman, artikel musiman disini artinya artikel yang selalu di terbitkan di internet oleh orang-orang, dan tingkat persaingannya sangat tinggi, Untuk karena itu jika ingin membuat artikel yang sudah musiman harus menggunakan judul dan kata kunci yang unik.

b) Faktor Kata Kunci

Tidak banyak blogger yang pandai dalam penggunaan kata kunci, mereka hanya menggunakan kata kunci atau keyword apa adanya, sebenarnya penggunaan kata kunci dalam sebuah artikel diwajibkan ada, mengapa ? Karena tanpa kata kunci, Robot Google sulit untuk mengindeks dan merayapi isi halaman artikel yang kamu buat, setidaknya ada minimal 4 kata kunci dengan variasi yang unik. Seperti halnya artikel ini yang menggunakan beberapa kata kunci dengan modifikasi yang lebih menarik.

c) Faktor Panjang pendeknya Artikel


Berikutnya yang mempengarui konten artikel mudah terindeks atau tidak adalah faktor panjang pendeknya konten artikel yang dibuat, artikel yang panjang dan disusun secara otomatis akan mudah untuk terindeks mesin pencari dan bertahan permanen di internet,  tapi adapula artikel panjang yang pembahasannya kurang sistematis dan terlalu bertele-tele sehingga google tidak menerimanya. Ada artikel pendek dengan menekankan focus pembahasan dan sedikit kata kunci, jauh lebih cepat juga untuk terindeks mesin pencari.

d) Faktor Umur Blog

Ini yang selalu menjadi masalah bagi blogger-blogger saat ini, faktor umur blog selalu sulit untuk ditebak, Tidak tahu kapan Google akan lebih mudah mengindeks artikel dari blog baru atau blog yang sudah lama, yang pasti blog yang baru saja dibuat biasanya akan jauh lebih lama. Dan untuk blog yang sudah berumur 3 bulan keatas akan jauh lebih cepat terindeks mesin pencari.

e) Faktor Pencarian Pengguna Internet

Yang berikutnya mengenai faktor dari pengguna internet sendiri, google tidak akan mengindeks artikel kamu kalau artikel yang kamu buat jarang di cari oleh orag-orang, atau bisa saja hilang begitu saja. Jadi usahakan membuat artikel yang benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang.

Baca Juga : Cara Menjadi Penulis Lepas Yang Sukses

Panduan Atau Syarat agar artikel baru mudah sekali terindeks mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing :

Gunakan kata kunci yang bervariasi

Pertama jangan lupa prinsip dalam pembuatan artikel, menggunakan kata kunci yang bervariasi dan jangan pernah untuk mengulang kata kunci lebih dari 3 kali, kata kunci yang terus di ulang-ulang bisa menyebabkan spam yang di deteksi oleh algoritma google pigeon. Salah satu algoritma yang mendeteksi apakah artikel banyak menggunakan kata kunci.

Sebarkan artikel kamu ke sosial media

Berikutnya coba untuk menyebarkan artikel kamu ke sosial media seperti Facebook, Google plus dan juga twitter, semakin banyak orang yang membaca maka artikel kamu juga akan semakin populer, dan jika artikel populer, maka Google akan merekomendasikan artikel kamu bagi pembaca di internet, salah satu cara ini sudah sering dipakai blogger-blogger sampai saat ini.

Bahas isi dengan detail dan unik

Pembahasan isi artikel jika bisa bedakan dengan pembahasan yang sudah pernah ada, jangan hanya yang sederhana saja tapi bahas secara lengkap sampai benar-benar tuntas, utarakan semua yang perlu di utarakan. Cari referensi dari berbagai sumber yang ada, misalnya Buku , Jurnal, Blog atau sumber-sumber yang bisa dipercaya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Gunakan Long Tail Keyword

Kata kunci yang panjang itu perlu, gunanya untuk mendapatkan peluang kemunculan artikel di mesin pencari, paling tidak masuk halaman 2 google atau halaman 1 google rank ke 10 sudah bagus untuk blog dengan artikel baru. Tidak usah terlalu monton tapi targetkan ke pembahasan, gunakan kata kunci yang panjang minimal 10 kata dengan target yang tepat.

Nah itulah beberapa panduan sederhana jika ingin artikel baru kamu mudah muncul atau terindeks mesin pencari Google, ada satu lagi yang perlu kamu lakukan, Update artikel 2 hari 1 kali sudah cukup untuk membuat blog kamu hidup, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Buat seideal mungkin dalam menulis artikel. Itu tips dari kreasiana.com. Semoga bermanfaat.

Salam blogger.


Tag : Panduan Blog
0 Komentar untuk "Syarat Agar Konten Artikel Baru Mudah Terindex Mesin Pencari Google"

Back To Top