Panduan Mengganti Template Untuk Blog Baru Agar Pengunjung Meningkat Drastis

Kreasiana.com - Mengganti template blog untuk blog baru memang salah satu pilihan yang mungkin harus kamu lakukan, ada banyak sekali alasan kenapa para blogger pemula lebih suka melakukan pergantian template setiap saat. Alasan yang pertama adalah kejenuhan melihat tampilan blog yang hanya itu-itu saja, kejenuhan seperti ini yang nantinya bisa membuat para blogger mulai malas untuk menulis artikel dan pada akhirnya harus berhenti untuk menjalani aktivitas di dunia blogging.

Panduan Mengganti Template Untuk Blog Baru Agar Pengunjung Meningkat Drastis
Panduan Mengganti template blog baru


Mengganti template pada sebuah blog baru memang cukup mudah, sudah banyak sekali panduan yang menjelaskan seperti apa cara untuk mengganti template yang aman agar visitor blog tetap stabil, lantas bagaimana dengan blog yang masih baru ? Apakah boleh mengganti template setiap saat ? Berikut ulasannya.

Amankah mengganti template blog setiap saat ?

Bagi para ahli seo, mengganti template setiap saat dengan cara yang salah tentu saja sama sekali tidak aman, pasalnya perayapan google akan selalu melihat kondisi blog, jika pada saat perayapan kondisi blog kamu sedang perbaikan template, dan kode perayapan di lepas. Bisa jadi perayapan pada halaman blog kamu menjadi terhambat. Sehingga blog sulit sekali terindeks oleh mesin pencari. Jadi aman tidaknya mengganti template pada blog baru terletak dari cara mengganti dan jenis template seperti apa yang akan kamu gunakan.

Berikut ini, tips untuk memilih template yang bagus untuk perkembangan blog agar lebih SEO Friendly

Template dengan sidebar sebelah kanan

Yang pertama adalah template dengan disedebar sebelah kanan, template dengan sidebar sebelah kanan lebih bagus dibandingkan dengan template yang mempunyai sidebar disebelah kiri, pasalnya perayapan Google akan dilakukan dari halaman website kamu mulai dari sebelah kiri, jadi jika perayapan pada halaman penting terhambat oleh sidebar, bisa jadi perayapan tidak maksimal. Untuk karena itu usahakan mencari template dengan letak sidebar pada sebelah kanan.

Lengkap dengan kebutuhan untuk SEO Serta Adsense

Memilih template untuk blog itu tidak bisa sembarangan, kebutuhan template untuk blog harus disesuaikan juga dengan kebutuhan kamu. Misalnya saja kamu membangun blog dengan tujuan untuk di daftarkan ke Google adsense, maka alangkah lebih baiknya jika menggunakan template yang mudah diterima google adsense, misalnya saja template dengan kecepatan loading yang bagus, Ringan, tidak menggunakan banyak konten flash dan lengkap dengan kebutuhan widget pendukung lainnya.

Responsive dan mudah di jelajahi

Yang berikutnya, template blog yang bagus itu mudah sekali untuk dijelajahi baik menggunakan perangkat Mobile maupun menggunakan perangkat gadget lainnya, sesuai dengan Algoritma google mobilegeddon yang menjelaskan bahwa pengunjung terbanyak dari internet menggunakan perangkat mobile, yang artinya Google menyarankan para blogger lebih memaksimalkan penggunaan tampilan template yang lebih responsive. Dan tidak kalah penting lagi google sudah menerbitkan beberapa project AMP Template yang mampu mengakses kecepatan internet lebih cepat dibandingkan template pada biasanya.

Bagaimana cara mengganti template blog yang aman ?

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan pergantian template pada blog kamu sendiri, ulasan berikut ini akan memberikan panduan bagaimana caranya mengganti template yang aman untuk sebuah blog baru.

Pastikan pilih template sesuai dengan kriteria diatas

Yang pertama, pastikan kamu sudah memiliki template yang akan kamu pasang di blog, jangan mengganti atau menghapus template lama terlebih dahulu jika template penggantinya belum ada sama sekali, usahakan untuk mendapatkan template yang akan digunakan, yang tidak kalah penting lagi cek juga nilai responsive pada template, kemudian kecepatan pada akses template dan nilai seo pada template tersebut. Jika jauh lebih baik dari template lama blog kamu, silahkan gunakan.

Backup Template Lama Kamu

Kedua, untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak kita inginkan seperti terjadi error Html dan java script, alangkah lebih baiknya jika sebelum mengganti template, download terlebih dahulu atau backup template lama kamu. Tujuannya jika terjadi sesuatu pada blog kamu, kamu masih bisa menggunakan template lama untuk dipasang kembali.

Cek kondisi didalam template baru

Yang ketiga yaitu dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu di dalam template dengan menggunakan notepad atau adword, tujuan dari tips ini untuk melihat link-link yang kadang disematkan oleh orang-orang dengan jumlah yang banyak, tujuannya tak lain untuk mendapatkan backlink dari blog kamu. Lebih baik hapus link yang sama sekali tidak berguna dan menggangu tampilan template, jika ada konten flash ataupun konten yang mencurigakan langsung saja di hapus.

Pindahkan terlebih dahulu kode penting dari blog lama ke blog baru

Yang berikutnya jangan lupa untuk memindahkan kode-kode penting dari blog lama kamu ke template blog baru, atau bisa juga di copas terlebih dahulu dan letakan di notepad untuk berjaga-jaga, kebanyakan para blogger pemula lupa akan hal yang penting ini. Karena kode-kode ini sangat penting untuk memberikan sinyal kepada mesin pencari agar bisa merayapi blog kamu kembali. Berikut beberapa daftar kode penting dari sebuah template.

a) Kode Google Webmaster

Kode Google webmaster atau biasa disebut dengan kode verifikasi Google, kode ini penting sebagai salah satu bukti bahwa blog kamu sudah terintergrasi dengan Google, dengan adanya kode ini kamu bisa melakukan ping, panggilan perayapan dan mengindeks konten di mesin pencari. Dengan adanya kode ini juga, google lebih mudah merayapi halaman blog kamu.

b) Kode Google Analisis

Kode kedua ini juga tidak kalah pentingnya dari kode pertama, kode ini berguna untuk mendapatkan informasi secara rinci mengenai perkembangan sebuah blog, Mulai dari siapa yang paling sering berkunjung ke blog kamu, jenis konten yang paling trend, lamanya orang berkunjung, lokasi orang yang berkunjung dan masih banyak lagi yang lainnya.

c) Alexa Verifikasi

Kode alexa juga penting untuk disimpan, karena saat ini alexa sudah tidak menerapkan sistem gratis untuk mendapatkan verifikasi kode. Untuk itu pastikan kamu menyimpan kode ini dengan hati-hati.

d) Kode Bing Verifikasi

Kode berikutnya adalah dari mesin pencari Bing, kalau blog kamu ingin tampil di hasil pencarian Bing/ Yahoo maka jangan hapus atau menghilangkan kode ini, pastikan kode ini tetap kamu simpan dan pasang kembali di template baru.

e) Meta Tag SEO

Kode berikutnya yang tidak kalah penting adalah meta tag seo untuk mensukseskan perkembangan blog di mesin pencari. Kode ini penting, tapi ada sebagian blogger yang tidak memperdulikannya. Karena menurut mereka, konten jauh lebih maksimal untuk mensukseskan blog di halaman pencarian.

Ganti Template pada jam-jam orang tidak berkunjung

Tips aman lainnya pada saat kamu mengganti template blog, maka gantilah pada jam-jam dimana orang-orang sudah beristirahat atau tidur, dengan kondisi seperti ini kamu bisa mengganti template dengan leluasa, tapi kalau kamu menggantinya pada saat orang-orang sedang berkunjung di blog kamu. Maka bisa jadi blog bisa kehilangan pengunjung.

Lakukan update artikel setelah itu

Jangan lupa setelah melakukan pergantian template harus kamu update, ini berguna untuk melakukan ping ke Google agar melakukan perayapan kembali terhadap blog kamu. Waktu yang ideal untuk mengganti template sekitar jam 4 pagi, kemudian update artikel pada jam 6 pagi. Waktu ini sangat ideal.

Beberapa faktor yang menyebabkan pengunjung menurun akibat salah menggunakan template blog

a) Faktor Cepat dan beratnya loading template

Yang pertama faktor paling berpengaruh terhadap kunjungan dari para visitor di internet adalah kecepatan dan beratnya loading akses ke blog kamu di internet, blog paling ideal untuk diakses sekitar 14 detik saja. Jika lebih dari itu, jangan harap akan ada pengunjung yang mau menunggu hingga halaman terbuka.

b) Terlalu banyak menggunakan konten flash

Kedua, template yang kamu gunakan terlalu banyak disematkan konten flash, konten flash yang cukup menggangu juga tidak baik untuk pandangan para pengunjung, bisa jadi setiap mereka melakukan klik pada link artikel akan terbuka tab browser baru. Hal-hal seperti ini yang kadang cukup menggangu.

c) Template terlalu kecil atau sulit untuk di baca tulisannya

Faktor yang tidak kalah pentingnya mengenai ukuran template, mungkin bagi admin blog, template ukuran kecil jauh lebih simpel dan mudah di akses, Tapi perhatikan juga apakah menu-menu dan tulisan pada template mudah di baca para pengunjung.

Nah itulah beberapa panduan mengganti template blog baru agar pengunjung meningkat drastis, ada banyak sekali cara sebenarnya agar lebih aman. Tapi kalau kamu sudah menerapkan beberapa tips diatas, saya jamin mengganti template di blog baru akan jauh lebih aman. Selamat mencoba.

Salam Blogger. 

Tag : Panduan Blog
0 Komentar untuk "Panduan Mengganti Template Untuk Blog Baru Agar Pengunjung Meningkat Drastis"

Back To Top