Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Yang Sukses

Kreasiana.com - Buat kamu yang saat ini duduk di SMA maupun masih kuliah, dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa menjadi seorang penulis lepas atau bahasa kerennya disebut dengan freelance. Penulis lepas atau freelance merupakan orang yang bekerja hanya dengan menulis artikel dan menerbitkan artikel baik di blog maupun untuk pesanan orang di internet.

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Yang Sukses
Sumber Gambar : Pinterest.com


Banyak sekali lowongan penulis lepas atau freelance di internet yang bisa kamu ikuti, misalnya saja yang paling populer adalah lowongan penulis lepas di Babe.com dengan gaji hingga jutaan rupiah untuk setiap bulannya, jika artikel kamu terbit di aplikasi Babe, maka kamu akan dihargai sebesar Rp. 50.000. Lumayan bukan untuk tulisan yang terdiri hanya 150 kata saja ? Ada banyak cara untuk menjadi seorang penulis lepas yang profesional, berikut ini saya akan membantu kalian yang ingin belajar bagaimana cara menjadi seorang penulis Freelance yang profesional dan menghasilkan. Berikut ulasannya.

Panduan penting menjadi seorang penulis artikel 

Tahap Pertama : Memahami basic kita terlebih dahulu ( Apa yang kamu sukai )

Hal pertama yang cukup penting disini adalah memahami basic diri kalian masing-masing, ada banyak orang yang mencoba untuk menjadi penulis artikel namun di lain kesempatan mereka sulit untuk mendapatkan gambaran seperti apa artikel yang bagus dan seperti apa artikel yang layak untuk dibaca konsumen di internet, tidak semua orang bisa dengan mudahnya menerbitkan artikel di internet, ada beberapa kendala yang menghambat seperti menyusun kata-kata, penyusunan kalimat yang baik, pengetahuan mengenai materi artikel yang dibuat dan mudahnya bahasa yang di pahami.

Untuk karena itu, saya lebih menyarankan bagi para calon penulis artikel, setidaknya paham terlebih dahulu basic masing-masing, agar kedepannya lebih mudah ingin masuk ke kategori yang mana. Kalau misalnya basic kamu di teknologi, maka kembangkan penulisan artikel yang membahas mengenai teknologi. Bagaimana sudah paham dengan tahap pertama ?

Tahap Kedua : Cobalah untuk membangun blog atau website pribadi

Untuk membuktikan apakah tulisan kamu bisa diterima oleh orang-orang yang ada di Internet, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba membuat blog pribadi, didalam blog ini kamu bisa menuangkan ide-ide menulis sesuai dengan kategori yang kamu minati, isi blog tersebut dengan artikel buatanmu. Jangan malu dan jangan ragu untuk menerbitkannya, dan cobalah untuk menyebarkan artikel tersebut ke grub-grub yang berhubungan dengan pembahasan artikel yang sudah kamu buat. Ada beberapa kriteria untuk penyusunan artikel, yang pertama :

a) Judul Artikel : Judul artikel bisa menggunakan bahasa yang mudah di mengerti, sinkron dengan isi pembahasan, tidak mengandung unsur sara dan menarik minat para pembaca. Perhatikan dari penulisannya, orang-orang saat ini lebih tertarik dengan judul artikel yang mengandung unsur penasaran.

b) Penggunaan Font : Yang tidak kalah penting dari isi artikel adalah penggunaan Font artikel, untuk saat ini font artikel yang cukup baik untuk digunakan adalah Times New Roman. Karena sesuai dengan standar pembuatan artikel yang baik. Terlebih perusahaan-perusahaan besar juga banyak yang menggunakan font satu ini.

c) Isi pembahasan artikel : Untuk yang ketiga mengenai isi pembahasan artikel, untuk isi pembahasan jangan terlalu bertele-tele, fokuskan untuk 1 isi inti dari artikel yang kamu buat sehingga benar-benar kena sasaran atau target pembaca. Dengan begitu artikel kamu bisa diterima dengan mudah oleh pembaca di internet.

d) Gunakan media pendukung : Yang tidak kalah penting dari pembahasan artikel adalah mengenai media pendukung atau pelengkap artikel, misalnya saja media gambar, Info grafis, Video dan animasi. Media ini digunakan bukan sebagai hiasan, melainkan sebagai penjelas isi agar orang yang membacanya bisa mengerti dengan cukup baik.

e) Gunakan susunan paragraf yang baik : Sebagai penulis artikel setidaknya kamu harus paham seperti apa susunan paragraf yang baik untuk para pembaca, jangan terlalu rapat menggunakan paragraf karena bisa membuat orang yang membacanya menjadi pusing.

Tahap Ketiga : Gali komentar dan pendapat dari para pembaca

Tahap ketiga ini adalah tahap yang mestinya kamu lakukan, Dengan cara ini kamu bisa mengetahui sampai dimana respon pengguna dan pembaca artikel yang kamu buat, dengan beberapa pertanyaan misalnya " Bagaimana dengan pendapat kalian mengenai artikel saya ini ? Atau dengan menggunakan kata-kata lainnya.

Tapi biasanya seorang penulis tidak perlu menanyakan hal seperti ini, karena pembaca akan memberikan rerspon baik positif maupun negatif ketika mereka sudah selesai membacanya. Jika ada 80% pembaca yang menyatakan bahwa artikel kamu sudah bagus, maka selamat artikel kamu sudah layak untuk dibaca orang-orang di internet, jika sisanya 20% masih menyatakan kurang memuaskan silahkan gali lagi referensi untuk menyempurnakan konten yang kamu buat dan bisa jadi bahan refleksi kedepannya.

Tahap Keempat : Mulai merambah ke dunia bisnis Freelance 

Tahap keempat ini adalah tahapan yang harus kamu lakukan jika kamu sudah benar-benar matang dalam menulis artikel, caranya dengan mencari lowongan penulis artikel Freelance, ada beberapa situs yang menyediakan lowongan penulis freelance dengan harga yang fantastis, seperti situs Babe.com dengan bayaran Rp.50.000 untuk 1 artikel yang terbit, dan Jalantikus.com dengan bayaran Rp. 150.000 untuk setiap artikel kamu yang terbit. Silahkan berkreasi dengan para penulis lain di situs-situs tersebut. Jika ingin mendapatkan penghasilan dari Babe,com, silahkan kamu bergabung di link Babe.com dibawah ini.

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Tahap Kelima : Tetap konsisten dan pertahankan gaya penulisan

Tidak sedikit para freelance yang kehilangan kualitas penulisan artikel mereka, mungkin karena rasa malas yang sudah mengakar sehingga menulis menjadi sesuatu yang membosankan. Jika kamu sudah merambah ke dunia bisnis Freelance, jangan sampai hal tersebut terjadi pada dirimu sendiri.

Tahap Keenam : Mulai kembangkan bisnismu menjadi lebih besar

Perkembangan seorang penulis yang sudah profesional tentu saja tidak akan selalu sendiri, mereka akan mencari penulis pembantu baik dari orang-orang yang ingin mencari penghasilan, dari para mahasiswa yang ingin mendapatkan panduan menulis. Kamu bisa merekrut mereka untuk dijadikan penulis pembantu yang bisa mensukseskan bisnismu.

Nah dari ulasan diatas, apakah kamu sudah mempunyai gambaran seperti apa kedepannya ? Jika ingin menjadi seorang penulis artikel lepas atau freelance dengan penghasilan yang besar maka perlu usaha keras dan tentu saja usaha tersebut tidak bisa didapatkan secara instan. Cobalah untuk berjuang demi mencapai kesuksesan di masa depan. Menulis bukan hanya sekedar menuangkan ide atau gagasan, melainkan melatih stimulus otak dan perkembangan wawasan kamu.

Salam blogger.

Tag : Panduan Blog
0 Komentar untuk "Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Yang Sukses"

Back To Top