Panduan Praktis Ngeblog Untuk Blogger Pemula Lengkap - Part 1

Kreasiana.com - Panduan Praktis Ngeblog Untuk Blogger Pemula. Panduan Ngeblog untuk blogger pemula. Dalam dunia blogging tentu saja kita akan mengenal banyak sekali gal yang harus kita pelajari, mulai pertama yaitu persiapan sebelum ngeblog, pemilihan nama domain, Pembuatan konten, Optimasi seo dan akhirnya masuk ke tahap penghasilan ngeblog, Semua tahap-tahap ini tidak bisa dilakukan secara langsung, Melainkan harus dijalankan secara bertahap dan terstruktur. 


Perkembangan dunia Internet saat ini sangatlah pesat. Blogger berkembang dimana-mana dengan mengusung berbagai jenis topik yang mereka kuasai, Untuk itu persiapan awal dan pengalaman menjadi salah satu hal yang begitu penting untuk dilakukan. 


Terlebih untuk para blogger yang masih baru saja bergelut dengan dunia blogging, Untuk mencapai sebuah keberhasilan tidaklah mudah. 

Butuh perjuangan sendiri agar apa yang kita harapkan benar-benar bisa maksimal. Disini saya akan mengluas mengenai panduan praktis belajar ngeblog untuk blogger pemula mulai dari awal hingga menghasilkan uang. Mungkin untuk kamu yang ingin belajar blogging disinilah tempat yang paling tepat untuk mengasah ilmu.

Blogging bukanlah suatu kegiatan yang mudah sekali untuk dilakukan, ada banyak hal yang harus benar-benar dipertimbangkan ketika kita sudah masuk dan merambah dunia blogging, mulai dari pengetahuan kita, Faktor lingkungan dan juga faktor kemampuan, semuanya membutuhkan persiapan tersendiri sehingga benar-benar bisa maksimal kedepannya. 

Banyak para blogger yang gagal dalam beberapa hal seperti kesulitan membuat sebuah artikel, blog sama sekali tidak menghasilkan uang, blog tidak terindeks Google, Blog sulit mendapatkan backlinks, artikel banyak yang masuk sandbox

Untuk itu kamu harus butuh persiapan sendiri untuk benar-benar bisa konsisten dan sabar ketika menjalankan aktivitas blogging. Berikut panduan belajar ngeblog dari kreasiana.com

Bab 1. Persiapan Awal Ngeblog ( Blogger Pemula ) 

 

Panduan Praktis Ngeblog Untuk Blogger Pemulam Lengkap
Panduan Praktis Ngeblog Untuk Blogger Pemulam Lengkap

a. Topik Blog

Yang pertama kali harus anda pikirkan sebelum menjalankan aktivitas blogging yaitu mengenai Topik atau kategori blog, Pada dasarnya dalam dunia blogging sendiri terdapat bermacam-macam jenis niche atau kategori blog. Blog yang membahas mengenai kesehatan, Perbankan, Pajak, Otomotiv, Gadget, Dan lain-lain. 



Maka dari itu lihat ke dalam diri sendiri terlebih dahulu, Apa yang paling kamu sukai dari semua topik yang ada. Kalau kamu menyukai tentang mekanik dan otomotiv maka tidak salahnya kalau mencoba membuat blog dengan niche Otomotiv, Kalau kamu menyukai tentang android maka buatlah sebuah blog yang membahas mengenai Android. dan begitu seterusnya. Cara ini akan berhasil kalau kamu bisa konsisten untuk satu niche atau satu topik pembahasan saja. 

Nah kemudian yang kedua lihat terlebih dahulu bagaimana masalah dengan pembuatan artikel, Apakah kamu sedikit kesulitan jika membuat artikel mengenai topik yang kamu pilih, Kebanyakan blogger lebih suka memilih niche atau topik pembahasan yang menirukan blogger lain. 

Mungkin karena mereka melihat kalau blogger lain bisa sukses kenapa saya tidak. Itu salah, Lakukan seperti apa yang kamu harapkan dan bukan karena unsur iri atau keinginan yang sebenarnya bukan kemampuanmu. 

Membuat konten artikel itu sulit sekali tanpa didasari dengan kemampuan dan pengalaman pribadi, saya sendiri menulis konten artikel juga berdasarkan dengan pengalaman pribadi. 

Pikirkan lagi topik pembahasan yang paling tepat untuk kamu coba. Disini saya akan memberikan beberapa contoh niche atau topik pembahasan yang paling populer dan mempunyai klik penghasilan yang tinggi.
  • Perbankan
  • Review Gadget/ Android
  • Pertanian
  • Blogging
  • Teknologi
  • Musik
  • Download

Dari beberapa niche yang saya sebutkan diatas mungkin ada yang kalian sukai, dan kalian bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan sampai benar-benar sanggub mengurusnya. Tidak perlu memilih niche yang sulit, carilah yang mudah untuk dikerjakan. Sesuatu yang sulit memang akan memberikan hasil yang begitu optimal dan tidak memerlukan banyak waktu. 

Namun sesuatu yang mudah dijalankan akan memakan waktu yang jauh lebih lama untuk mencapai keberhasilan.

b. Pemilihan Nama Blog Dan Domain



Yang kedua adalah dengan memilih nama blog kamu, untuk memilih nama blog ini juga ada triknya sendiri. Tidak asal menggunakan nama untuk alamat sebuah blog, itu salah satu langkah yang salah. 

Sebenarnya memberikan nama sebuah blog itu harus bisa berhubungan dengan topik blog kamu sendiri. misalnya saja saya membahas mengenai blog tutorial blogging, maka saya bisa menggunakan nama yang berhubungan misalnya saja www.seotutorial,com atau yang lainnya. 

Tapi kenapa saya memilh nama kreasiana ? Karena saya tidak membidik satu pembahasan saja. Begini, Kalau kamu ingin membahas segala hal yang ada di dunia ini baik itu tentang teknologi, Blogging, Gadget, Perbankan dan lain-lain, Maka kamu bisa menggunakan nama blog yang sesuai dengan keinginanmu. 

Misalnya saja kreasiana, atau nama kamu sendiri. Tapi kalau kamu hanya ingin membahas satu hal saja maka gunakan nama yang ada hubungannya dengan topik pembahasan yang sedang kamu buat. 

Cara ini akan lebih manjur jika penggunaan nama domain juga sama dengan nama blog kamu. Persiapan nama blog sudah selesai, Sekarang kita masuk ke pengenalan domain dan jenis-jenis domain.

Dalam dunia blogging ini dikenal dengan dua jenis domain, yang pertama subdomain dan TLD ( Top Level Domain ). Dari kedua jenis domain ini memiliki perbedaan yang menonjol, terletak dari tingkat kecepatan Indeks, Tingkat kebebasan Custom dan juga panjang domain. Untuk domain TLD sendiri harus didapatkan dari penyedia nama domain seperti IDWEBHOST, NIAGAHOSTER, RUMAHWEB, JAGOANHOSTING dan lain-lain. 

TLD ( Top Level Domain ) ini bukanlah domain gratisan, namun berbayar. Untuk harganya tergantung dari setiap penyedia nama domain itu sendiri. 

Contoh Domain TLD seperti : Com, Net, Org, ID, My.id dan masih banyak yang lain. Intinya dari domain ini tidak ada embel-embel seperti Blogspot.com atau wordpress.com. Yang pastinya dengan menggunkaan TLD ini kamu bisa mencustom nama domain kamu sendiri. Kemudian yang kedua adalah subdomain,. 

Subdomain ini merupakan domain yang bisa kamu dapatkan secara gratis dari penyedia platfrorm blog seperti Blogspot, Wordpress dan lain-lainnya. Yang pastinya kamu akan mengenal domain seperti ini. www,kreasiana,blogspot,com. Namun kalau menggunakan nama domain TLD maka akan jadi seperti ini www.kreasiana,com atau www.kreasiana,org. 

Kelebihan Nama Domain TLD 
  1. Bebas untuk diberikan nama apa saja selama nama domain tersebut tidak dipakai oleh orang lain
  2. Lebih cepat terindeks oleh mesin pencari atau Google Search
  3. Sifatnya yang premium atau berbayar membuat website atau blog yang menggunakan TLD lebih profesional dan dipercaya banyak orang.
  4. Mudah mengikuti segala kontes SEO dan competition Blogging
  5. Bisa mendapatkan akun non hosted Google adsense
  6. Bisa ditransfer kapan saja dari penyedia domain asal ke penyedia domain lainnya.
Kekurangan Nama Domain TLD
  1. Jika nama sudah dipakai maka tidak bisa didaftarkan kembali
  2. Terkadang untuk beberapa penyedia nama domain tidak sesuai dengan jaminan keamanan
  3. Rentan terhadap serangan hacker
  4. Biaya yang harus ditanggung setiap tahun atau setiap 6 bulan sekali
  5. Harga yang cukup mahal

Kelebihan Subdomain
  1. Mudah didapatkan dan gratis digunakan selamanya
  2. Tersedia di platform gratisan seperti Blogspot dan Wordpress
  3. Sudah bisa menayangkan iklan adsense untuk pengguna blogspot, wordpress harus pindah terlebih dahulu ke wordpress.org
  4. Bebas memilih nama namun tetap diikuti ektensi subdomain

Kekurangan Subdomain
  1. Banyak yang menggunakannya
  2. Kurang maksimal untuk aktivitas blogging
  3. Kurang profesional untuk para pebisnis online
  4. Mudah sekali kena banned dari platform server
Nah dari pembahasan diatas mungkin kamu sudah bisa menentukan seperti apa niche konten yang akan kamu gunakan kedalam blog kamu kedepannya, ingat dalam memilih nama domain jika kamu masih benar-benar belum paham secara pasti, lebih baik uji coba dulu yang gratisan. 

Lalu jika memang sudah mahir kamu bisa menggunakan TLD. Gunakan Blogspot yang lebih mudah, kamu juga bisa membuat nama domain TLD dari platform blogspot. Selamat mencoba.

c. Tahap Pembuatan Blog - Pengenalan jenis-jenis platform blog



Yang berikutnya adalah tahap pembuatan blog, dalam membuat sebuah blog dikenal dengan jenis-jenis platform, untuk jenis-jenis platform sendiri mungkin kamu sudah banyak mengenalnya di internet. 

Ada yang menggunakan platform jenis blogspot yang mana merupakan jenis platform milik Google dan juga platform jenis wordpress. Dari kedua jenis platform ini sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut pembahasannya.

Kelebihan Platfrom Blogspot

Untuk kelebihan dari platform blogspot ini sendiri bermacam-macam, yang pertama kali saya rasakan ketika menggunakan platform blog ini mulai dari Fitur-fitur blog yang menurut saya mudah untuk dioperasikan, kemudian dari segi tampilannya juga cukup nyaman dimata sehingga membuat saya tidak merasa bosan menggunakan blogspot. 

Ada beberapa fitur yang membuat saya tetap memilih blogspot sebagai platform blog pribadi saya. 

Yaitu Fitur Google adsense yang merupakan cara praktis mendapatkan penghasilan dari ngeblog, dan juga Fitur untuk upgrade ke TLD atau Top Level Domain yang mudah dilakukan dengan penyedia domain dimana saja. 

Untuk masalah optimasinya sendiri saya rasa cukup mudah dan enak untuk dijalankan. mudah juga terhubung dengan Google analystic dan juga Google webmaster. Kemudian Fitur lain yang ada di Blogspot seperti Full setting, Perubahan bahasa dan settingan komentar. Dan lain-lain. 

Kekurangan Blogspot

Untuk mengenai kekurangan sendiri saat ini terletak dari tingkat akurasi pembuatan konten yang belum mendukung Plugin Yoast SEO seperti pada Wordpress, jadi pembuatan konten menjadi kurang maksimal. 

Namun ini juga tergantung dari penggunanya sendiri, kalau penggunanya sudah mahir dan profesional tidak menggunakan plugin Yoast SEO sekalipun postingan juga akan tetap terindeks Google dengan cepat. 

Penggunaan Yoast SEO hanya sebagai indikator bahwa tulisan kamu sudah SEO dan siap diterbitkan ke mesin pencari. 

Kekurangan lain dari Blogspot sendiri sudah seperti yang saya katakan kurang profesional dan juga terlalu pasaran di Internet, banyak yang kurang mempercayai informasi yang dibuat oleh blogger yang menggunakan platform Blogspot. Terkecuali kalau kamu sudah upgrade ke TLD domain yang lebih profesional. 

Kelebihan Wordpress

Untuk kelebihan dari platform jenis ini cukup saya acungi jempol, yang paling menarik dari platform wordpress sendiri yaitu tampilannya yang simpel seperti tampilan microsoft Office, kemudian ditambah Plugin SEO yang cukup membantu para penulis melihat indikator SEO konten sehingga hasil yang ditulis benar-benar bisa optimal dan masuk ke halaman pertama Google. 

Tidak heran jika blogger-blogger senior lebih memilih jenis platform ini, Kemudian yang kedua platform ini berbeda dengan platform blogspot. Yang mana terdiri dari 2 jenis platform. 

Yang pertama platform wordpress.com dan Wordpress.org yang masing-masing mempunyai perbedaan dari segi fitur yang dibawa, Yang pertama wordpress.org merupakan salah satu platform yang mempunyai fitur lebih lengkap. 

Kamu bisa membeli hosting sendiri untuk menggunakan platform ini. 

Hosting adalah sebuah tempat dimana sebuah komputer yang terhubung dan berguna menyimpan seluruh data baik itu File informasi dan domain kamu dalam satu tempat. Untuk mendapatkan hosting ini kamu harus membelinya dan berlangganan setiap bulan.

Ada beberapa jenis hosting : VPS, Decended Server, Share Hosting dan lain-lain. Kelebihan kedua kamu bisa menggunakan program periklanan seperti Google adsense di wordpress. org. 

Kalau di wordpress.com kamu harus mengeluarkan dana sendiri untuk mendapatkan slot iklan.

Kekurangan Wordpress

Sulit dioperasikan untuk para pemula dan lebih cocok untuk para blogger yang sudah mahir, terkecuali kamu rajin-rajin membaca bagaimana cara ngeblog menggunakan wordpress. 

Pastinya tidak akan merasa kesulitan. Kemudian yang kedua adanya penggunaan hosting akan membuat proses ngeblog menjadi lebih rumit, biaya yang dikeluarkan juga tidaklah sedikit. 

Butuh biaya minimal 300 ribuan untuk membuat sebuah blog wordpress. 


d. Pemilihan Tampilan ( Template )

 Yang keempat adalah dengan memilih tampilan template atau thema sebuah blog, memilih tema template itu juga tidak sembarangan. Kalau kamu menggunakan blogspot tentu saja sudah tahu bahwa banyak template gratisan yang bisa kamu gunakan. 

Tapi apakah template yang kamu gunakan sudah mempunyai tingkat kenyamanan yang baik untuk pembaca ? 

Tentu saja belum. Butuh tips sendiri untuk memilih sebuah template yang Mobile Friendly dan enak tampilannya. berikut pembahasanya.

Tips Memilih Template Yang Bagus Untuk Blog

> Jangan Lihat Tampilannya yang elegan

Yang pertama kali dilihat oleh blogger pemula ketika memilih sebuah template yaitu melihat template dengan tampilan yang cukup elegan yang dihiasi oleh berbagai widget, mungkin bagi seorang blogger pemula template seperti ini bagus digunakan dan akan membuat pengunjung akan merasa senang, yah mungkin akan seperti itu. 

Tapi apakah cukup membuat google juga senang ? belum tentu juga. Google mungkin bisa jadi tidak sependapat dengan teman-teman yang menggunakan template terlalu Glamour kaya akan widget yang sebenarnya tidak penting. 

Pemilihan template yang sederhana, perpaduannya serasi dan Mobile Frienldy akan jauh lebih disukai oleh Google. Untuk kamu blogger pemula, saat ini Google sudah mengeluarkan algoritma Mobilgeddon yang mana berlaku untuk semua blogger didunia ini harus menggunakan template yang support dengan versi mobile, artinya tidak berantakan sama sekali dan responsive ketika dibuka dengan gadget. 

> Pilihlah template yang dilengkapi dengan Navigasi Dan Sidebar

Kemudian yang kedua adalah pilihkan template yang dilengkapi dengan Navigasi menu. Navigasi menu ini merupakan salah satu tempat dimana kamu bisa mengelompokan seluruh artikel dalam kategori tertentu. 

Misalnya saja pembahasan mengenai blogging kamu tempatkan dalam 1 kategori blog, tentang android bisa ditempatkan dalam 1 kategori blog. 

Kemudian yang kedua tentang sidebar. Pada kolom disidebar ini nantinya kamu bisa menempatkan beberapa widget seperti populer post yang mana memberikan sajian konten artikel paling populer, kamu juga bisa menempatkan sebuah iklan yang mungkin bisa memberikan penghasilan dari blog, kemudian bisa menempatkan kategori blog serta fanspage facebook/ Google plus kamu. 

Kenapa saya lebih suka mencari template yang sidebarnya disebelah kanan ? Karena perayapan robot Google sendiri dimulai dari sebelah kiri ke kanan, jadi jika sidebar blog ada disebalah kiri maka bisa menggangu perayapan dari Mesin pencari Google. 

Ini sangat penting untuk diketahui oleh para blogger yang ingin belajar ngeblog.

> Gunakan Template Yang SEO

Mungkin masing asing untuk blogger pemula mendengarkan kata SEO. SEO Yang mempunyai kepanjangan Serp Engine Optimatizion ini merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan seorang blogger dalam menjalani aktivitas ngeblog, sama halnya dengan kamu yang saat ini sedang menjalani aktivitas blogging, Butuh informasi penting yang membahas mengenai blogging dan tutorial-tutorial lengkap mengenai blogging. 

Tidak heran jika banyak sekali blogger yang masih terjebak dengan istilah SEO. Saat ini istilah seo selalu disalahartikan oleh sebagian blogger, yang mana semuanya harus SEO dan lain-lain. 

Pada akhirnya malah membuat blogger itu sendiri tersesat dijalan yang tidak benar. Membuat konten harus menggunakan banyak kata kunci supaya cepat terindeks mesin pencari. itu sama sekali komintmen yang salah. Buat konten sewajarnya dan apa adanya saja. 

Template yang seo sekarang bisa kamu temukan di Internet dengan jumlah yang banyak, tapi bagaimana memilih template yang SEO ? Coba dan test dengan membukanya menggunakan ponsel android atau tablet, jika tampilannya enak dan tidak goyang kekiri dan kekanan maka template tersebut sudah bagus untuk digunakan. 

Perhatian perpaduan warnanya juga, warna yang paling bagus untuk tampilan sebuah template adalah Putih dan biru.

Bab 2. Panduan Pendaftaran Webmaster

Nah pada bab ini kita akan belajar bagaimana cara untuk mendaftarkan blog yang baru saja kita buat dimesin pencari, Mungkin kamu masih bingung apa sih itu webmaster ? Webmaster merupakan sebuah tools yang dibuat oleh Google khusus untuk para pengembang web. 

Yang mana memberikan kemudahan untuk mendaftarkan blog ke mesin pencari, Untuk mendaftarkan blog ke mesin pencari melalui webmaster ini ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui, sebelum masuk ke proses ini maka pastikan kamu sudah membuat blog seperti yang sudah saya jelaskan diatas. 

Jika sudah, maka kamu boleh lanjut ke tahap ini. Pada tahap ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, Yang pertama kondisi blog masih kosong dan belum terisikan konten sama sekali, blog masih keadaan fresh dan belum dioptimasi dengan menggunakan tools-tools lainnya. 

Jika persyaratan ini sudah terpenuhi. Silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Panduan Verifikasi Blog ke Google Webmaster ( Lengkap )

a. Langkah pertama silahkan kamu buka terlebih dahulu Google webmaster.



 b. Kemudian langkah berikutnya silahkan masuk dengan cara sign dengan menggunakan akun Google plus kamu yang terhubung dengan blog. 

Jika sudah masuk, kamu akan menemukan menu berwarna merah yang bertulisakan add property, klik dan tambahkan alamat blog kamu seperti gambar dibawah ini. Jika sudah klik ok.

c. Jika sudah, maka kamu akan diarahkan ke proses Verifikasi laman blog. Klik gunakan Mode TAG HTML, Copas kode yang ada. Masuk ke blogger.com > Template > Edit Template > Klik CTRL + F > Tulisan kode <head> pada kolom search > Letakan kode verifikasi tepat dibawah kode < head >. Kemudian simpan template. Kembali ke halaman webmaster tadi dan klik verifikasi.


Selesai. Pada tahap ini kamu sudah berhasil mendaftarkan blog kamu ke serp engine Google, untuk mendapatkan keterangan data bukan email kamu dan cek inbox yang masuk. Apakah ada email dari Google webmaster atau tidak.

Baik dari proses pendaftaran atau verifikasi laman blog di webmaster sudah kita lakukan, lanjut ke pengenalan menu-menu yang ada diwebmaster yang umum sering kali digunakan para blogger.



Keterangan Menu Webmaster :

1. Search Appeareance

Yang pertama adalah menu dimana kamu bisa memaksimalkan tampilan website kamu dimesin pencari dengan cara memperbaiki error dan bug yang ada. 

Biasanya sebuah template memiliki bagian bug atau error tersendiri yang tidak sesuai dengan hasil perayapan robot Google. 

Disana kamu bisa menemui beberapa menu seperti Seacrh analysis yang berguna menganalisis konten halaman blog kamu secara berkala, Kemudian yang kedua Rich Card yang memungkinkan tampilan website lebih maksimal dengan adanya kartu tampilan pada halaman penelusuran. 

Dan AMP yang merupakan fitur terbaru dari Google yang mengharapkan pengguna blogger menggunakan template versi AMP.

2. Search Traffic

Yang kedua ini menu yang memberikan bantuan untuk kamu yang ingin lebih memaksimalkan konten dimesin pencari, dengan search traffic ini kamu bisa melihat semua informasi website baik itu jumlah backlinks yang masuk, konten mana yang paling sering mendapatkan backlinks, Negara mana yang kamu targetkan untuk menemukan blog kamu, Kemudian melihat kata kunci yang paling sering digunakan.

3. Google Indeks

Merupakan menu yang memberikan informasi mengenai konten yang sudah terindeks, dengan membuka menu ini kamu akan melihat konten kamu apakah sudah terindeks dimesin pencari atau belum , dengan bantuan analisis indeks ini kamu bisa meperbaiki konten-konten yang menurut kamu belum cukup maksimal.

4. Crawl

Ini merupakan menu yang paling penting dari seorang webmaster, dimana dengan adanya menu ini blog kamu bisa mudah dan cepat terindeks mesin pencari. Ada menu Crawl Error yang mana akan menampilkan seberapa banyak link yang error atau mati. 

Jika blog terlalu banyak crawl error maka proses indeks juga akan lebih sulit, kemudian Ambil Oleh Google : Merupakan cara tercepat untuk para pengguna yang ingin blognya cepat terindeks mesin pencari Google. 

Persiapan ngeblog untuk blogger pemula tentu tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya bagaimana cara memilih konten yang cepat terindeks mesin pencari.

Nah itu sebagian besar pembahasan mengenai Webmaster yang bisa saya berikan, jika masih kurang lengkap akan saya bahas dilain waktu.

Apakah Google Analytic Juga Perlu Digunakan ?

 

Untuk pengguna blogger yang paham akan SEO pastinya juga akan menggunakan Google Analytic untuk memantau perkembangan blognya dimesin pencari. Mulai dari konten artikel yang paling sering dibaca ole pengguna internet, Memantau Geo dan umur pembaca, Memantau jenis konten seperti apa yang paling banyak dicari di Internet dan masih banyak lagi yang lainnya. Saya rasa kedua tools dari Google ini sangatlah penting. Google webmaster dan Google analytic.

Sampai disini terlebih dahulu untuk pembahasan mengenai Panduan Praktis Ngeblog bagi para pemula. Untuk part ke 2 silahkan tunggu artikel berikutnya yah. Terimakasih.  

Sumber Foto : Google.com

Tag : Panduan Blog
0 Komentar untuk "Panduan Praktis Ngeblog Untuk Blogger Pemula Lengkap - Part 1"

Back To Top